Minggu, 03 Juni 2012

Bertanam Bunga "Mawar"

Terkadang kita beranggapan kalau menanam bunga itu tergantung keahlian atau kata nenek moyang kita dingin atau panas seseorang. Tidak semua orang bisa menanam bunga. Ternyata tidak asalkan kita tau bagaimana cara menanam yang benar kita pasti akan berhasil. Inti dari subur atau tidak suburnya tanaman tergantung pada media tanam yang kita gunakan. 

Misalnya untuk sejenis sinviera atau kaktus atau sebangsa tanaman lainnya yang tahan banting. Kita cukup memberi media tanam dengan campuran pasir dan tanah (2:1) karena tanaman ini tidak begitu membutuhkan kegemburuan tanah seperti tumbuhan rumah lainnya. 

Bagi kamu2 yang pingin rumahnya agak berwarna rasanya Mawar menjadi pilihan utama tanaman hias kita. Menanam mawar tidak seribet yang kita bayangkan. Asalkan tau media tanam yang pas untuk penanamannya. 
Biasanya untuk  media tanam bunga mawar campuran pasir:sekam:sekam hitam:kompos dengan perbandingan 1:1:2:2. Untuk daerah rawan hujan, usahakan menggunakan sekam bakar karena fungsi dari sekam bakar ini menahan panas agar sewaktu musim hujan datang tanaman tidak terlalu kelebihan air karena mawar sangat rentan pada daerah dingin atau hujan. 

Penanaman bunga mawar tidak harus di lahan luas, bagi anda yang memiliki taman yang kecil dan ingin menjadi bunga mawar sebagai salah satu koleksi penghias rumah agar cantik dan mempesona. Pot solusi tertepat untuk kita berkreasi taman kecil di rumah. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menanam bunga mawar di pot: 
1. Sediakan pot yang memiliki sirkulasi udara yang bagus untuk tanaman (Bagi anda penghobi pot plastik lubang pada pot bisa di tambah dengan solder)
2. Masukan batu bata atau busa (yang tellah dipotong-potong kecil).
3. Sediakan media tanam bunga mawar dengan komposisi yang sesuai.
4. Masukkan 1/3 dari media tanam ke dalam pot dan beri pupuk NPK (1 sdt) dan tambahkan media tanam satu lapis saja agar akar tumbuhan tidak langsung kontak dengan pupuk.
5. Masukan bibit bunga mawar dan timbun dengan sisa media tanam sampai akar dan 1/3 dari tinggi batang tertimbun oleh media tanam yang kita komposisikan tadi. 
6. Untuk finishing siram media tanam dengan campuran air micin (Ajinamoto).

Selamat menghias rumah dengan variasi warna yang memikat dari bunga mawar.
Good Luck... ^^


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar